• Setealah Anda menemukan tag diatas, salin script dibawah ini tepat diatas/sebelumnya Ini Cara Petani Grobogan "Nandur Kacang Ijo"

7/05/2015

Ini Cara Petani Grobogan "Nandur Kacang Ijo"

Dokpri: Ceblok dan Ulur Kacang (menanam kacang)
Panen Grobogan belum rampung secara menyeluruh, sawah semakin mengering, “ojo sampai bero” (jangan sampai tidak ditanami),ucap salah seorang petani yang menyewa lahan.

Bulan Juni – agustus tahun ini Grobogan memasuki bulan ketigo (kemarau). Petani disibukkan dengan pekerjaan baru, kembali menggarap sawahnya dengan menanam kacang hijau orang Grobogan lebih nyaman menggunakan nama “Kacang Ijo”, lebih cetho (jelas.)

Sebagian masyarakat khususnya perkotaan yang terbiasa makan Bubur kacang ijo, kecambah atau Tauge, menjadikannya sebagai makanan favorit. Taukah bagaimana proses penanaman kacang ijo hingga pendistribusian ke perkotaan.

Melanjutkan tulisan berjudul Kisah Pedih Petani Grobogan. saat ini petani Grobogan bergantian ramai-ramai menanam kacang ijo. Petani Grobogan menanam  menggunakan dua cara, yakni benih di sebar seperti menyebar pupuk urea , cara kedua dengan “ceblok dan ulur” ceblok berarti menancapkan batang pohon yang diruncingkan ketanah, akhirnya membentuk lubang kerucut. benih di masukkan kedalam lubang yang berdiameter 3 cm, setiap lubang cukup dengan 3 butir kacang Ijo.

Adapun cara kedua dengan cara sebar, Benih dalam ember diambil sedikit demi sedikit menggunakan tangan, lalu di lempar, disebar ke lahan persawahan. Cara ini lebih praktis untuk menekan biaya ceblok dan ulur, dan kelemahannya cara ini akan memperbanyak kebutuhan benih kacang.

Beni Kacang Hijau setelah di rendam 
Sebelum ditanam petani merendam benih kacang ijo ke dalam air selama satu hari satu malam. Selesai di rendam petani menyiapkan lahannya, jika di lahan sawah masih ada jerami sisa panen, maka perlu di babat atau di bakar biar rapi. Jerami yang dibakar di area persawahan dapat menyuburkan kacang ijo.

Dokpri: Jarak Tanam antar Kacang
Nah lantas berapa jarak tanamnya? Jarak tanam kurang lebih 30 cm hal ini untuk memberikan unsur hara yang seimbang pada tanaman. meskipun tanaman juga mendapatkan asupan dari pupuk.

Masa tanam kacang ijo di Grobogan berkisar 2 bulan atau 60 hari. Dalam lahan satu hektar petani dapat menghasilkan panen sebanyak 3-4,5 Ton. Harga kacang ijo kering di Grobogan berfariasi dari 7500 -12.000.

Dalam musim tanam kacang Ijo petani membutuhkan modal kurang lebih 5.000.000. adapun peruntukannya seperti table dibawah ini.

Tabel
Biaya yang di keluarkan Petani Grobogan selama musim tanam Kacang Hijau

No
Uraian
Volume
Harga
Jumlah
1
Benih
30 kg
20.000
   600.000
2
Sewa Lahan
1 Ha/musim
1.500.000
1.500.000
3
Babat Lahan
Pakai mesin babat
250.000
   250.000
4
Ngeler dami (meratakan jerami)
1 Ha
300.000
   300.000
5
Ceblok
2 Hari
70.000/hari
   140.000
6
Ulur
2 Hari
60.000/Hari
   120.000
7
Obat semprot/Pupuk
10 Liter
1.000.000
1.000.000
8
Pupuk Hama

500.000
   500.000
9
Buruh Panen
10 Orang
55.000
5.500.000

TOTAL
4.960.000
Sumber: Hasil Wawancara, 2015


Dari tabel diatas menunjukkan Petani Grobogan membutuhkan benih kacang ijo sebanyak 30 kg seharga 20.000/kg , kebutuhan lain seperti ceblok: 35.000 dan ulur 30.000 sekali datang. Jam kerja buruh tani mulai pukul 06.00-10.00 dan siang 13.00-16.30.

Dokpri: Babat dami (jerami) dengan mesin babat
Babat atau mempersiapkan lahan untuk ditanam, petani harus mengeluarkan biaya dua kali yakni babat menggunakan mesin dan merapikan jerami, selanjutnya di bakar. Hal ini berfungsi sebagai pupuk alami, karena abu jerami musim kemarau seperti sekarang, tiap pagi hari terkena embun dan ini dapat menyuburkan Kacang Ijo.

Biaya yang dikeluarkan menurut tabel,  jika Petani menggarap sawahnya sendiri. Jika dikerjakan orang lain maka ada biaya Semprot/memupuk. Selama 60 hari Petani menyemprot Kacangnya sebanyak 7-10 kali. Tinggal menghitung saja 70/hari dikalikan 10 kali semprot, sekitar 700.000.

Dokpri: Alat semprot dan obat
Adapun tahap penyemprotan pertama: umur 4 hari petani sudah menyemprot menggunakan obat batang dan daun, jika ada hama, petani harus menambah obat hama. Hama dalam umur 4-10 biasanya hama Uler Kilan (ulat jengkal) . 

Dokpri: Kacang umur satu minggu
Petani harus segera membasminya, karena ulat ini memotong pohon batang kacang ijo. Penyemprotan kedua, ketiga, keempat masih sama. Sedangkan penyemprotan kelima: petani mulai meyemprot untuk buah dan daun. Penyemprotan ke enam atau sekitar umur 30 hari petani mulai menyemprot hama. Karena pada umur tersebut tanaman sangat rentang terhadap hama. Sedangkan penyemprotan ke tujuh sampai sepuluh akan dilakukan jika kacang ijo berbuah tidak sesuai perhitungan petani.

Hama Uler Kilan (ulat jengkal)
Ada hama yang menyerang serbuk sari khususnya pada batang biji. Jika petani tidak segera membasmi, maka dipastikan petani tidak akan panen musim itu. Menanam kacang memang gampang-gampang susah. Petani Grobogan bercocok tanam dengan otodidak. Warisan turun temurun dari orang tuanya dan pengalaman tanam berdasarkan waktu.

Maka sekarang setiap desa ada kelompok tani. Dari kelompok tani mereka dapat bertukar ilmu, pengalaman dan informasi terbaru dari pemerintah kabupaten Grobogan mengenai varietas unggul, pupuk, tata cara bertani dan prediksi hama.

Semoga mewujudkan kemandirian desa untuk kesejahteraan dapat terwujud. Akhirnya tidak ada kesenjangan antara desa dan kota.


Grobogan, 5 Juli 2015

Salam

Setiawan Widiyoko

8 comments:

  1. Mas atau pak saya kepengin menanam kacang ijo, bibit yg baik beli dimana

    ReplyDelete
  2. Katanya kacang ijo ada berapa jenis, yg baik yg mengkilat atau yg butek? Kemudian di Grobogan / Purwodadi yg jual bibit kacang ijo nya dimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benih yang baik adalah kacang ijo yang buthek atau dalam bahasa orang grobongan Busik itu yang baik pak, kalau yang mengkilap biasanya jelek

      Delete
  3. Sekarang harga kacang ijo di Grobogan/Purwodadi berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf pak saya tidak begitu up date soal harga

      Delete
  4. Mohon info kontak person bapak. Saya ingin kerja sama. Mohon alamat lengkapnya juga. Atau bisa sms saya ke 08179463631.
    Mas annas Solo

    ReplyDelete
  5. ini email saya pak arnaz : setiawan.wd@gmail.com

    ReplyDelete

Komentar anda sangat bermanfaat