• Setealah Anda menemukan tag diatas, salin script dibawah ini tepat diatas/sebelumnya MENYAMBUT LEBARAN, INI KREASI MASYARAKAT GROBOGAN

7/16/2015

MENYAMBUT LEBARAN, INI KREASI MASYARAKAT GROBOGAN

Kreasi Masyarakat desa Gundi-Godong
Lirik lagu siti Nurhaliza “Air mata lebaran” kiranya mengingatkan kita semua untuk kembali berfikir dan merenung. Lama meninggalkan kampung halaman demi kehidupan yang lebih baik di kota bahkan sampai luar negeri . tahukah bahwa rindu itu selalu menghampiri. Di hari yang fitri kebahagiaan muslim semua akan terhempaskan setelah setelah lama tidak bertemu keluarga. Bagi yang tidak bisa mudik lebaran tahun ini, semoga kita masih diberikan umur panjang untuk kembali bertemua lebaran mendatang.


lagu untuk saudaraku yang tidak bisa mudik lebaran 



Sayu... hati ini makin sayup
Rindu... terkenangkan desa permai

Wajah ayah bonda bermain di mata

Mengajak ku pulang ke desa
Di hari bahagia hari raya



Lama kutunggu

Bertemu di pagi mulia
Namun tidak kesampaian
Airmata jatuh berlinangan



Kuingin berulang manisnya bersama

Menyambut hari bahagia
Jarak memisahkan rindu pertemuan
Bilakah hasrat jadi nyata



Duhai ayah bonda ampunkan anakanda

Tak dapat beraya bersama
Jauh dari mata dekat dalam jiwa
Teguh kasihku tidak berubah


semoga lirik lagu diatas kembali mengingatkan siapa dan darimana kita. Jangan seperti kacang lupa sama kulitnya. Hari ini terakhir umat muslim menjalankan ibadah puasa, malamnya akan dikumandangkan takbir. Kebahagian umat muslim menyambut lebaran di hari kemenangan. 


Masyarakat Grobogan seperti pada tahun tahun sebelumnya, tiap desa memiliki budaya yang hampir sama dalam menyambut lebaran hari kemenangan. Dikala malam takbir seluruh masyarakat menyambut dengan melakukan takbir keliling memutar desa. Semua berdendang menyambut lebaran, seluruh alam berdendang dan deru takbir terdengar bersahutan.

persiapan untuk malam takbir
Seperti di desa Gundi kecamatan Godong-Grobogan, menjelang malam takbir tiap mushola memberikan warna yang berbeda. Membuat kreasi untuk ditampilkan kepada suluruh masyarakat. Kreasi dan kekompakan peserta takbir keliling akan dinilai oleh panitia. Piala begilir nantinya akan menjadi rebutan  13 Mushola peserta dari dua Rukun Warga.


semoga malam takbir kali ini berjalan meriah, lancar, aman. Terlihat cuaca yang cerah akan semakin menambah kegiatan malam takbir semakin menarik. 

Grobogan, 16 Juli 2015

Salam
Setiawan Widiyoko

No comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat