• Setealah Anda menemukan tag diatas, salin script dibawah ini tepat diatas/sebelumnya Kreasi Unik Malam Takbiran Grobogan

7/08/2016

Kreasi Unik Malam Takbiran Grobogan

Kreasi Masyarakat desa Gundi

Allahu akbar allahu akbar allhu akbar 3x, Allahu akbar walillahilham, bedug pun saut menyaut menyambut malam kemenangan itu. Takbir dikumandangkan dalam masjid surau/mushola menandakan bulan puasa telah berakhir pada tahun ini. umat muslim  menyambutnya dengan penuh suka dan cita. kegembiraan ini ditunjukkan pula dengan adanya penetapan 1 syawal oleh pemerintah ndonesia  pada hari rabu 6 juli 2016 tanpa adanya perdebatan sengit dalam sidang Isbat. itu artrinya seluruh muslim di Indoensia akan merayakan di hari yang sama.

Tradisi lainnya adalah takbir keliling perkampungan. Secara turun temurun tradisi ini mengikuti perkembangan zaman terlihat dari sarana prasarana takbir dan kreasi masyarakat yang di tunjukkan pada malam kemenangan itu. seperti di desa Gundi kecamatan Godong kabupaten Grobogan  Jawa Tengah, pergeseran, percampuran dan pertemuan antar budaya menjadikan kreasi takbir masyarakat tiap tahun berbeda-beda.


Dulu sekitar 20 tahun yang lalu, malam takbir cukup menggunakan Oncor (Obor dari bambu berdiameter 10 cm di potong dengan panjang 50 cm, dalam lubang di isi dengan minyak tanah dan di tutup dengan kain). pada saat itu Oncor memiliki fungsi sebagai penerang jalan yang akan di lalui peserta takbir keliling dan sekaligus sebagai ajang kreasi dan keberanian warga untuk melakukan atraksi "Semprot minyak tanah dari mulut ke Oncor" ini akan menimbulkan bara api semakin besar, jika dilihat dari kejauhan, api ini seperti muncul dari mulut mereka.

kini Oncor tak lagi di fungsikan dalam perayaan malam takbir karena perkampungan sekarang sudah terang benderang sejak adanya listrik masuk desa. artinya akan ada pergeseran terus menerus tiap tahun dalam kreasi yang akan di munculkan.

Terlebih pada perayaan takbir itu sekaligus mencari piala bergilir yang direbutkan antar RT. suasana inilah yang menjadikan warga semakin antusias untuk turun dan ikut serta dalam peramaian malam takbiran di desa. Panitia tidak membatasi jenis kreasi yang akan ditampilkan, maka yang terjadi seperti kreasi malam takbir tanpa tema. namun demikian acara ini sukses dan membawa magnet tersendiri bagi desa lainnya untuk dapat menikmati dan melihat perayaan malam takbir itu

adapun kreasi unik pada tahun ini seperti:

1. Kendaraan Tank milik TNI
Dokpri: Tank milik TNI
Kreasi ini dibuat karena kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap TNI, terlebih ada beberapa warga yang keluarganya menjadi TNI dan saat lebaran tidak bisa pulang lantaran tidak mendapatkan ijin cuti. kreasi ini sebagai obat rindu keluarganya dan penghormatan yang tulus untuk Korp nya.

2. Kendaraan Vespa
Dokpri
Alasan Vespa dijadikan kreasi karena beberapa pemuda dalam RT tersebut merupakan anggota aktif clup Vespa. Clup ini bermacam jenisnya mulai Vespa yang Orisinil, Sispen, Tank, Trikel, Tronton hingga Clup Vespa Extrime, yang sering kita lihat di jalan anak Vespa membawa sampah-sampah. itu karena mereka pecinta lingkungan dan sampah itu biasanya akan di jual ke tukang rosok untuk di buat makan atau beli bensin.

3. Buto Ijo
Dokpri
Tokoh ini sering dikaitkan dengan tokoh jahat yang suka menganggu masyarakat, kreasi ini dibuat sebagai pesan kepada masyarakat bahwa jika prilaku kita tidak baik, sering berbuat dosa, melanggar syariat maka sama halnya kita seperti buto ijo.

4. Elang
Dokpri
Elang identik dengan kegagahan, kreasi ini juga sebagai bentuk ungkapan masyarakat muslim mampu mengalahkan haus dan lapar sebagai bentuk menjalankan kwajiban dalam rukun islam ke 4 yaitu ibadah puasa.

5. Buroq
Dokpri
Masyarakat di ingatkan kembali bahwa kendaraan Buroq pernah mengantarkan nabi Muhammad SAW untuk menerima wahyu menjalankan Shalat lima waktu.

Masih banyak kreasi masyarakat Grobogan lainnya yang lebih unik tentunya, misalnnya seperti Pesawat Terbang, Motor GP, Jerapahj, Gajah, Kapal, Masjid, Handphone, Doraemon, Nobita dan masih banyak kreasi lainnya.

Sebagai Penutup teruntuk saudaraku yang tidak bisa pulan kampung karena harus bekerja di perantauan, khususnya Buruh Migran Indonesia, tulisan ini sebagai obat rindu kalian. selamat hari raya idhul fitri mohon maaf lahir dan batin

Grobogan, 8 Juli 2016
Salam

Setiawan Widiyoko




No comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat